Gb.Salah satu pemandangan di dusun Wonosobo Banjarejo

Gb.Gedung Madrasah Ibtidakiyah Muhammadiyah Wonosobo Banjarejo Tanjungsari

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wonosobo merupakan salah satu lembaga dakwah di Banjarejo Tanjungsari Gunungkidul.Sekolah yang berlokasi di dusun Melikan Banjarejo tersebut  terletak sekitar  28 km dari kota Wonosari.Lokasinya bisa ditempuh dari beberapa jalur,pertama melewati  kota kecamatan Tepus kemudian belok ke kanan menuju balai desa Banjarejo  kemudian belok ke kiri menuju dusun Melikan.Jalur ke dua melewati jalur Wonosari –Baron dan sampai di desa Kemiri belok ke kiri menuju kecamatan Tanjungsari kemudian belok ke kanan menuju Melikan Banjarejo.Jalur ke tiga melewati pantai Baron  belok ke kanan menuju pantai Drini kemudian setelah melewati pantai Drini belok ke kiri masuk dusun Wonosobo,dan Melikan desa Banjarejo.

Sekolah MI Muhammadiyah Wonosobo terletak di dusun Melikan ,dan diberi nama Wonosobo karena awal berdirinya terletak di dusun Wonosobo,baru setelah mempunyai gedung tersendiri yang berlokasi di dusun Melikan sekolah tersebut tetap diberi nama MI Muhammadiyah Wonosobo.

Saat ini sekolah tersebut pada tahun ajaran 2011-2012 mempunyai siswa sejumlah 64 siswa terbagi menjadi enam kelas dari kelas 1 sampai kelas 6.Biaya operasional sekolah mengandalkan dari dana BOS dari pemerintah sedangkan dari siswa maupun wali murid tidak memungkinkan karena kondisi ekonomi masyarakat yang rata-rata masih sangat miskin.Kepala Sekolah saat ini dipegang bapak Umardi seorang pensiunan PNS di bantu 5 guru Yayasan yaitu bapak Riyanto dari Banjarejo, Bapak Heri Mustofa dari karangrejek Wonosari,ibu Mei dari Karang rejek,ibu Ani Iswanti dari Banjarejo dan ibu Rosita Anjarwati dari Cangkring Paliyan .

Rendahnya gaji yang tidak cukup untuk transportasi tidak menyurutkan semangat para pengelola terutama guru yayasan dan tata usaha ,sebab kepuasan tidak hanya terletak dari besarnya gaji guru tetapi juga anak-anak didik yang berhasil bisa menjadi hiburan tersendiri.Selain itu dengan mendidik anak-anak tersebut bisa Insya Aallah bisa menyiapkan generasi Islam yang bisa meneruskan perjuangan mendakwahkan ajaran Islam sehingga Islam menjadi rohmatan lil ‘alamin.

Demikian sekilas profil sekolah dasarMadrasah Ibtidakiyah Muhammadiyah Wonosobo semoga menjadi sarana menolong agama Allah di muka bumi ini.

Hikmah:

“Bau mulut seorang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari harumnya misik (minyak wangi paling harum di dunia). “(HR. Bukhari)