Gb.Bp Drs H.Heriyanto,Bp H Muhammad Sukamto SAg.Bp Drs Sutopo Giri Santoso

Pengajian Guru karyawan SMK Muhammadiyah  1 Playen putaran bulan Juni 2011 dilaksanakan pada hari Sabtu 4 Juni 2011 bertempat di ruang pertemuan kampus I.Pengajian yang dimulai dengan sholat jama’ah Isya’ dilanjutkan tadarus Al-Qur’an samapi sekitar jam 20.00 WIB.Selesai tadarus Al-Qur’an dilanjutkan sambutan kepala sekolah bapak Drs SutopoGiri Santoso .

Dalam sambutannya kepala sekolah SMK Muhammadiyah I Playen mengajak seluruh guru karyawan agar meningkatkan ketaqwaan keoada Allah SWT agar diberi kekuatan oleh Allah dalam medidik siswa siswi nya yang saat ini penuh dengan permasalahan yang sangat komplek.

Selesai sambutan kepala sekolah dilanjutkan pengajian yang disampaiakn oleh bapak Sukamto Sag .Dalam pengajiannya bapak Sukamto menyampaikan surat Al-Hasr ayat 18 :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Gb.Peserta Pengajian

Selain itu sebagai tenaga kependidikan di lingkungan sekolah kita harus menjunjung tinggi akhlaqul karimah ,baik kepada Allah SWT ,Rasul-NYA maupun orang tua .Begitu juga harus ada ikhtiar penanaman akhlaqul kharimah kepada anak-didik  sehingga bisa menghasilkan anak-didik yang berbakti pada Allah,Rasulullah , Orangtua dan Guru.

Sebagai pendidik kita wajib bercermin tentang perjuangan Nabi Ibrahim AS dalam mendidik Putranya Nabi Ismail AS.

Surat Ibrahim ( 14 ) ayat 35

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.

Peristiwa ditinggalkannya Siti Hajar dan putranya Ismail di padang pasir yang tandus dan belum ada kehidupan menjadi contoh bagi kita bagaimana untuk menghasilkan keturunan yang shalih harus melewati perjuangan yang keras dan usaha yang kuat serta pengorbanan yang besar.

Agar mendidik paa siswa dengan berbagai kesulitannya terasa menjadi ringan maka semangat beribadah haru kita junjung tinggi .Niatkan mengelola lembaga pendidikan itu sebagai ibadah ,baik sebagai Tata Usaha maupun guru.Karena merupakan ibadah maka harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan serius serta menggunakan management yang baik.

Bapak Sukamto Sag juga menyinggung tentang management yang bisa dilaksanakan saat ini dengan 4 K dan 1 R.

1. Komunikasi

2. Keperluan

3.Kepercayaan ( trust )

4.Kesejahtraan

5. Reward atau penghargaan

Dalam pengajiannya beliau juga menyampaikan

Surat Al-Baqoroh ayat 208 :

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” ( Q.S 2:208)

Dalam ayat tersebut kita di dunia pendidikan agar  berusaha menjadi muslim yang kafah serta totalitas sehingga  bantuan dan pertolongan Allah SWT selalu menyertai kita.Tidak lupa senjata dan kekuatan kita yang berupa do;a untuk selalu dipanjatkan kepada Allah SWT.

Beliu juga menyampaikan manfaat do’a selain sebagai kekuatan kita ,adapun manfaatnya adalah :

1.Akan dikabulkannya permohonan kita di dunia

2.Sebagai benteng musibah yang akan menimpa kita

3.Sebagai amal sholeh yang akan diberikan pahala di akherat kelak.

Pengajian sekitar satu jam ditutup dengan do’a yang diimami oleh beliau dan setelah penutupan dilanjutkan sholat Lail secara berjama’ah di masjid Abdurahman bin Auf SMK Muhammadiyah I Playen.

Demikian sekilas kegiatan pengajian guru karyawan SMK Muhammadiyah bulan Juni 2011 semoga menjadi sarana kekuatan untuk mendidik siswa siswi sehingga menjadi generasi yang sholeh dan shlihah. Amien.

Hikmah:

“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)