Gb.terminal Kaliurang yang sudah rapi dan sudah dikunjungi pengunjung

Gb.Taman dan Perkantoran di arena Wisata Plawangan Turgo yang sudah rapi dan bersih

Wisata Kaliurang Yogyakarta yang menjadi salah satu ikon pariwisata Yogyakarta ,pasca Erupsi Merapi tanggal 27 Oktober 2010 saat ini ( 27 Mei 2011 ) mulai menggeliat kembali setelah beberapa saat ditutup untuk wisata umum.

Terminal Kaliurang mulai dibenahi dan diikuti warung dan restoran yang mulai melayani wisatawan baik asing maupun domestik.Walaupun pada hari-hari biasa masih sepi pengunjung tetapi kios-kios makanan dan cendera mata mulai beraktifitas kembali.Pintu  masuk ke Plawangan dan Turgo pun sudah dibuka untuk umum serta sudah bisa dinaiki sampai puncak bukit Plawangan.Jalan setapak yang sebelum erupsi Merapi sudah permanen dengan batu saat ini dibeberapa tempat masih terputus dan diganti jalan setapak secara darurat.

Pohon-pohon Pinus masih meranggas hanya beberapa semak dan pohon Kesambi yang mulai bersemi mengeluarkan daunnya.Fasilitas umum di taman masih banyak yang belum ditata kembali seperti taman bermain untuk anak-anak,gardu-gardu tempat berteduk serta Musholla saat ini baru dalam proses pembersihan dari sampah dan penataan kembali.Sarana MCK dan sebagian kantor sudah bersih dan siap dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Puncak Pengamatan Merapi di Plawangan masih belum dibangun kembali,tetapi pengunjung sudah bisa naik dan menikmati pemandangan disekitarnya serta lautan pasir di sebelah timur bekas pos pengamatan tersebut.

Bagi para pembaca yang sudah ada waktu dan kesempatan silahkan berkunjung kembali ke Kaliurang dan menikmati gagahnya gunung Merapi dari puncak Plawangan,semoga menjadi sarana introspeksi betapa kecilnya kita di hadapan Alam yang ada di sekitar bukit Plawangan.

Lihat Foto-Foto Merapi dan Taman Wisata Plawangan dan Turgi Pasca Erupsi 2010

Di Sini

Dan Di Sini

Hikmah:

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)