Gb.Salah satu tanaman bonsai di Gunungkidul

Gb. Bonsai dari usaha perseorangan di Gunungkidul

Gb .Pegunungan tempat bibit bonsai tumbuh

Gunungkidul yang kaya dengan pegunungan seribu ,selain mengandung banyak potensi batu kjapur dan aneka tambang lainnya juga kaya akan tanaman-tanaman yang bisa dibudidayakan untuk bonsai.Ribuan cempluk ( gunungkecil ) disela-sela batu yang ada banyak ditumbuhi tanaman-tanaman alam yang tumbuh diantara celah-celah batu yang ada.

Banyak tanaman-tanaman yang tumbuh dipegunungan tersebut seperti  ringin,serut dan sebagainya.Tanaman-tanaman tersebut bila di kelola dengan baik bisa menjadi tanaman yang dikerdilkan atau bonsai yang mempunyai harga jual tinggi.

Saat ini memang sudah ada sebagian anggota masarakat yang berusaha mengelolanya tetapi baru menjadi usaha sampingan yang belum dikelola secara maksimal.Pada hal bila dikelola secara maksimal selain bisa menambah tenaga kerja juga menjadi tambahan peningkatan ekonomi sebab harga jualnya menjadi berlipat ganda.

Semoga budi daya tanaman bonsai di Gunungkidul bisa lebih berkembang selain untuk meningkatkan nilai jual juga menggerakkan perekonomian warga dan menambah lapangan kerja.

Hikmah :
Apabila perzinaan dan riba telah melanda suatu negeri maka mereka (penghuninya) sudah menghalalkan atas mereka sendiri siksaan Allah. (HR. Ath-Thabrani dan Al Hakim)