Kegiatan kita tidak terlepas dari peristiwa menunggu atau berada di atas kendaraan bila sedang bepergian.Bahkan untuk para penglaju yang setiap hari berangkat kerja maka waktu menunggu kendaraan dan duduk di atas kendaraan sewaktu dalam perjalanan  banyak sekali waktu yang terbuang.

Bila tidak kita antisipasi maka bisa terjadi setiap hari banyak waktu yang terbuang  percuma,bila jarak dari rumah ke tempat kerja membutuhkan waktu  satu jam perjalanan maka pulang pergi sudah membutuhkan waktu 2 jam ditambah menunggu kendaraan katakanlah 10 menit maka  waktu menunggu menjadi 20 menit bila dikalikan sebulan sebanyak 25 hari x 2jam 20 menit menjadi  58,8 jam .

Untuk setahun  58,8 jam x 12 bulan maka didapatkan 705,6 jam atau 29,4 hari atau sekitar satu bulan

Bila waktu tersebut tidak kita manfaatkan maka akan menjadi waktu yang mubadzir .Untuk itu diperlukan setrategi agar waktu-waktu tersebut tidak mubadzir, adapun tip[s atau setrateginya adalah:

  1. Bawalah buku bacaan  setiap kita mau bepergian agar bisa kita membaca buku tersebut sewaktu tidak ada kegiatan seperti menunggu kendaraaan, diatas kendaraan sewaktu dalam perjalanan dan sebagainya.
  2. Bawalah Al-Qur’an Digita atau Handphone yang  yang sudah di install dengan Al-Qur’an sehingga sambil menunggu kendaraan atau diatas kendaraan sewaktu kita tidak beraktifitas bisa mendengarkan alunan kitab Suci Al-Qur’an.
  3. Membawa buku tulis saku dan pulpen ,dengan alat tulis ini kita bisa menuliskan inspirasi apa yang ada dipikiran kita berdasarkan apa yang kita lihat serta apa yang kita alami saat menunggu kendaraan atau di atas kendaraan.

Insya Allah dengan tips tersebut maka kita bisa mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat sewaktu menunggu atau berada di atas kendaraan,sehingga kita tidak akan kehilangan waktu yang mubadzir.Ingat waktu yang sudah berlalu maka dia tidak akan kembali lagi.Uang bisa di cari tapi waktu yang hilang tidak bisa diganti lagi ,maka manfaatkanlah waktu tersebut dengan sebaik-baiknya.