Bagi pengurus masjid meningkatkan pelayanan kepada jama’ah agar jama’ah merasa tenang dalam melaksanakan ibadah di dalamnya sangat diperlukan.Masjid-masjid yang ada sekarang ini masih perlu banyak ditingkatkan sarana-prasarananya,apalgi masjid yang berada di pinggir jalan besar atau dekat dengan keramaian dimana umat Islam yang sedang melakukan perjalanan akan sholat di masjid itu baik sholat wajib lima waktu maupun sholat Jum’at.

Untuk itu sebagai pengurus masjid yang merupakan pelayan rumah Allah diperlukan kiat-kiat agar umat Islam dapat melakukan ibadah dengan tenang dan khusuk.Salah satu yang perlu diperhatikan selain kebersihan dan tersedianya air untuk wudlu adalah:

1.Almari untuk tempat sepatu atau sandal bagi jama’ah yang sedang melakukan perjalanan jauh.

Bisanya jama’ah yang sedang melakukan perjalanan jauh akan memakai sepatu atau sandal yang lebih baik atau paling baik untuk yang dimilikinya.Bila tidak ada penitipan atau almari sepatu sandal maka perasaan jama’ah akan terganggu pada keamanan sandal atau sepatunya.Tidak sedikit jama’ah yang sewaktu habis melakukan sholat terpaksa nyeker atau tak bersepatu atau tak bersandal karena sepatu atau sandalnya hilang.Bila tidak ada tempat penitipan sandal atau sepatu karena keterbatasan personal maka bisa ditempuh dengan penyediaan almari sepatu sandal yang diberi kunci dengan kunci yang menggantung didalamnya sehingga si pemilik sepatu sandal akan menaruh di dalamnya dan membawa kuncinya.Setelah sholat selesai dengan kunci tersebut si jama’ah bisa mengambil sepatu sandalnya dan mengembalikan kuncinya pada kotak yang ada.

Gb. Almari kecil untuk tempat sepatu dan sandal

2.Tempat Parkir yang cukup

Tempat parkir yang cukup dan nyaman juga akan meningkatkan jama’ah untuk sholat di masjid tersebut, sebab kendaraan yang dinaikinya akan terasa aman serta ditempatkan sesuai dengan tempatnya.Lokasi tempat parkirpun perlu dipertimbangakan keamanannnya ,yaitu ditempat yang terbuak dan isa dilihat dari berbagai sisi bila memungkinkan.

Gb. Tempat parkir sepeda motor atau sepeda di lingkungan masjid

3.Tempat Wudlu dan MCK yang bersih dan terawat

Jama’ah yang sedang melakukan perjalanan kebanyakan membutuhkan kamar kecil untuk buang air besar atu kecil,maka tersedianya MCK yang cukup dan bersih serta terawat akan meningkatkan jumlah jama’ah masjid yang sholat di masjid tersebut.

4.Bila lokasi memungkinkan bisa di tambah bangunan gardu untuk istirahat bagi penjaja makanan yang akan melaksanakan sholat atau setelah melaksanakan sholat.

Selain itu bisa dipakai oleh anak-anak TPA untuk istirahat atau bermain-main.

Gb. Gardu untuk istirahat penjaja makanan yang mau sholat

Demikian sekilas tentang pemeliharaan dan perawatan masjid dalam rangka memakmurkan masjid ,semoga bermanfaat bagi pengelola masjid yang berada di mana saja.

Hikmah :

“Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do’a (saat bersujud)” (HR. Muslim)