Bagi umat Islam yang akan melaksanakan Ibadah Haji tahun 2013 untuk diperhatikan peralatan dan perbekalan yang penting agar secara rasional bisa melaksanakan Ibadah Haji dengan nyaman.Perlu bapak Ibu calon jama’ah haji yang akan berangkat haji pada tahun 2013 bahwa Pemberangkatan Gelombang I diperkirakan pada bula Oktober 2013 dimana di Arab Saudi saat itu Insya Allah sedang bergeser dari musim panas ke musim dingin.

Dalam musim tersebut bisa terjadi di siang hari udara sangat panas dan di malam hari udara sangat dingin ,kandungan air dalam udara juga sangat kecil atau boleh dikatakan kandungan air dalam udara nol.Untuk itu bagi calon jama’ah haji agar mempersiapkan tiga  buah perlengkapan yang sangat vital yaitu:

1. Payung yang diperginakan untuk melindungi badan dari sengatan terik matahari.

Bagi jama’ah haji yang keluar dari pondokan sebaiknya langsung memakai payung agar terhindar dari teriknya sinar matahari.

2. Semprotan Air (Spray)

Semprotan atau Spray ini dipergunakan bila kita sewaktu-waktu terasa panas pada muka atau bagian tubuh lainnya ,maka dengan membawa semprotan  ini kita langsung bisa menyemprotkan air ke tubuh yang terasa panas tersebut.

3. Selalu membawa botol yang berisi air minum, walaupun tidak terasa panas dan haus karena udara kering maka bisa terjadi calon jama’ah haji akan langsung kehabisan cairan atau dehidrasi dan bila tidak langsung tertangani maka bisa pingsan,Untuk itu bagi calon jama’ah ahji walaupun tidak terasa haus sebaiknya selalu minum air zam-zam dalam botol yang kita siapkan.

Demikian sekilas tentang peralatan calon jama’ah haji tahun 2013 ,semoga ada manfaatnya dan tidak lupa semoga calon jama’ah haji nantinya menjadi haji yang MABRUR.Amien

Sumber: Materi Manasik Haji KBIH Aisiyah Gunungkidul.

Hikmah:

 

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)