Usia Tua mau atau tidak mau akan mendatangi kita cepat atau lambat.Usia Tua ,badan yang tadinya kuat jadi lemah,yang tadinya sehat menjadi sakit-sakitan dan sebagainya.Banyak sudah sauadara-saudara kita yang usia tuanya sakit-sakitan , gula, gagal ginjal ,strook  dan sebagainya.

Di bawah ini ada beberapa kiat agar kita bisa sehat di usia tua,diantaranya adalah:

1.Mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak banyak mengandung zat kimia.

Perlu diketahui bahwa makanan yang mengandung banyak unsure kimia maka berpengaruh pada kandungan kimia dalam darah .Bila darah banyak mengandung zat kimia maka kerja ginjal sebagai pencuci darah akan lebih berat,Bila ginjal terus menerus bekerja dengan berat maka akan terjadi gagal ginjal.Untuk itu langkah mengurangi makanan-makanan yang banyak mengandung bahan kimia perlu kita antisipasi sejak dini agar ginjal kita bekerja dengan ringan sehingga ginjal akan lebih awet.

2.Banyak minum air putih.

Air putih bisa menetralisir berbagai racun yang ada di dalam makanan baik zat kimia maupun zat-zat yang lain yang merugikan tubuh.Dengan minum air putih yang cukup maka zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang sebab zat-zat kimia tersebut akan keluar bersama kotoran yang kita keluarkan.Minumlah air putih menjelang tidur minimal dua gelas ,syukur bisa lebih.Kemudian bangun tidur minum 3 – 5 gelas Insya Allah akan menyebabkan racun dalam tubuh akan banyak keluar.Selain itu air putih akan memudahkan lambung mencerna lebih ringan karena cukup cairan ,dengan meminum air putih yang cukup maka  fungsi lambung akan lebih awet dan terhindar dari penyakit maag dan sebagainya.

3.Mengurangi makanan yang berminyak atau goring-gorengan

Makanan yang berminyak atau goring-gorengan banyak mengandung kolestrol apa lagi minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali maka kandungan kolestrolnya sangat tinggi.Kolestrol yang melebihi ambang batas akan menghambat liran darah dalam pembuluh darah sehingga lambat laun akan menyumbat pembuluh darah.Penyumbatan pembuluh darah bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan akibatnya bisa terkena serangan setrok.

4.Secara berkala Cek Tekanan Darah, Kandungan Gula dalam Darah, Kolestrol,maupun Asam Urat

Pengecekan Kesehatan secara berkala seperti cek tekanan darah, kandungan gula , kolestrol dalam darah,serta asam urat untuk mengetahui kadar zat-zat tersebut sehingga kita bisa mengantisipasi sedini mungkin dengan pencegahan baik melalui makanan maupun tindakan yang lain.

5.OlahRaga secara teratur

Olah Raga yang dilakukan secara teratur akan banyak membantu kesehatan kita ,pertama jantung akan lebih sehat, kedua keluarnya keringat akan diikuti oleh zat-zat dalam tubuh kita yang tidak berguna serta untuk  melenturkan otot-otot dan persendian

6.Tidak Merokok

Bagi yang sudah terlanjur merokok maka bila ingin sehat di usia tua maka harus berusaha keras untuk berhenti merokok dengan teknik berbagai cara,sebab merokok dari unsure mana saja lebih banyak merugikan tubuh kita.

7. Perbanyak konsumsi makanan kaya air (buah-buahan dan sayuran) dimana manfaat buah-buahan adalah  memudahkan  pencernaan kita serta seratnya bermanfaat untuk pemulihan serta mencegah diare dan kekurangan cairan

8. Puasa Sunah

Puasa Sunah seperti puasa Senin dan Kamis selain merupakan ibadah juga menjadi sarana lambung kita untuk istirahat sejenak sehingga mengurangi kelelahan lambung ,juga komponen ginjal akan menjadi ringan dalam bekerja karena makanan yang kita makan tidak ada maka racun dalam darah yang biasanya dibawa oleh makanan menjadi berkurang dan ini mengurangi kerja ginjal kita.

9.Bersikap sabar,Qona’ah ( cukup dengan apa yang sudah diberikan oleh Allah) serta bersyukur atas apa yang sudah diberikan oleh Allah.

Dengan sikap ini maka hati akan selalu tentram dan tenang sehingga akan berpengaruh terhadap kesehatan badan kita.

Demikian sekilas tulisan tentang  Tips atau setrategi kita dalam mempersiapkan tubuh kita agar di usia tua kita tetap sehat dan bisa beraktifitas sebaik mungkin.

INGIN SUKSES IKUTI PROGRAM INI