Gb. Pemandangan sebelum masuk lokasi air terjun Slempret

Gb. Air Terjun Slempret

sumber :jambulmania.wordpress.com

Gua Rancang

Gb. Tebing Pegunungan di atas air terjun Slempret

Hutan pendidikan di Wonogomo serta Gua Rancang dan air terjun Slempret  di Gunungkidul yang berlokasi di kecamatan Playen Gunungkidul bila di kelola dengan maksimal maka bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata yang menarik khususnya lokasi Lintas Alam untuk pecinta kegiatan tersebut.

Hutan Wonogomo yang merupakan hutan pendidikan dan penelitian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berlokasi di Banaran  Playen Gunungkidul dengan keanekaragam hutan yang bervariasi bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pecandu pecinta alam. Jalan setapak yang membentang di sekitar hutan dan sekitar sungai OYO yang berkelok-kelok sangat menyejukkan mata bila kita memandangnya serta udara yang cerah menjadi hiburan ernafasan bagi yang melintasinya.

Gua Rancang yang berlokasi di Menggoran Bleberan Playen merupakan gua alam yang indah dengan  setalaktit dan stalaknitnya saat ini belum banyak dimaksimalkan potensinya oleh pemerintah dikarenakan berbagai hal.Bangunan yang ada saat ini selain bangunan MCK , gedung Pramuka serta bangunan JOGLO yang kurang terwat.Gua yang terletak dibawah tanah dengan luas sekitar 2 kali lapangan bulu tangkis  bisa dimafaatkan untuk berbagai kegiatan di dalamnya.

Tidak jauh dari Gua Rancang sekitar 2 Km ke arah Barat Daya tepatnya di tepi sungai OYO akan ditemui air terjun Slempret yang bagus panorama alamnya.Jalan menuju air terjun Slempret melewati jalan setapak yang sudah bisa dilewati kendaraan roda empat akan melewati hamparan sawah dan pohon kelapa yang melambai -lambai  sebelum memasuki sungai OYO .Sayangnya dari jalan tersebut kita harus melewati jalan setapak di persawahan yang belum dibangun sehingga agak menyulitkan perjalanan .Belum adanya papanpetunjuk menuju ir terjun Slempret dari jalan tersebut juga menyebabkan banyak pengunjung yang mau ke air terjun tersebut kesasar.

Tiga lokasi tersebut bila dikelola dengan maksimal akan menjadi lahan olah raga rekreasi khusunya Lontas Alam dengan berbagai keuntungan.Keuntungan-keuntungan yang ada antara lain :

1.Jarak Wonogomo- Gua Rancang – Air terjun Slempret tidak terlalu jauh ,atau berdekatan sehingga pemantauannya juga memudahkan panitia.

2.Baik Hutan Wonogomo maupun Gua Rancang bisa di tempuh dengan mobl maupun sepeda motor sehingga memudahkan transportasi dan komunikasi darat bila keadaannya memerlukan transportasi darat karena untuk pertolongan peserta umpamanya.

3.Pemandangan yang indah baik di hutan Wonogomo , gua Rancang maupun Air terjun Slempret sehingga peserta lintas alam bisa terhiburnya untuk mengurangi kelelahan atau rasa letih.

4. Lokasi yang menantang khususnya air terjun Slempret dimana untuk menuju ke lokasi kita harus menuruni tebing yang menantang karena kecuramannya ,sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi panitia dan peserta.

Demikian sekilas tentang lokasi Hutan Wonogomo -Gua Rancang dan Air Terjun Slempret di kecamatan Playen Gunungkidul semoga banyak komponen masyarakat yang memanfaatkannya untuk rekreasi  yang murah serta menjadi tantangan tersendiri bagi pecinta alam .

Hikmah :
Apabila perzinaan dan riba telah melanda suatu negeri maka mereka (penghuninya) sudah menghalalkan atas mereka sendiri siksaan Allah. (HR. Ath-Thabrani dan Al Hakim)

INGIN SUKSES IKUTI PROGRAM INI