Gb. Hamparan Persawahan dan pohon kelapa di sekitar air terjun Slempret

Gb. Air Terjun Slempret

sumber :jambulmania.wordpress.com

Rekreasi di Gunungkidul tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak uang.Banyak sekali tempat-tempat di Gunungkidul yang bisa dipakai untuk melepas kejenuhan setelah seharian bekerja .Salah satunya adalah Gua Rancang dan air terjun Slempret di Playen Gunungkidul.Lokasi yang tidak jauh dari Wonosari  ibukota kabupaten Gunungkidul ini bisa menjadi salah satu alternatifnya.Dengan jarak kurang lebih 12 km dari Wonosari dengan melewati hutan kayu putih dan pemandangan alam serta dari kejauhan bisa kita nikmati hutan NGlanggeran maka perjalanan ke lokasi bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan dan mengasikkan.

Gb. Lokasi di Sekitar Gua Rancang

bisa untuk menikmati istirahat dan santai

Gb. Gua Bagian Dalam Yang Sangat Indah

Lokasi gua Rancang yang berada di tengah ladang dan luas dengan pohon di tengah gua yang menjulang tinggi memberi keteduhan di bawahnya bila kita berada di bawahnua sambil menukmati makanan atau minuman yang kita bawa dari rumah.Di sekitar gua sudah di tata seperti taman alami walaupun belum sempurna ,dengan bebatuan alam yang beraneka ragam menjadikan istirahat di bawahnya terasa sejuk dan nyaman.

Bila tidak membawa makanan ,bila pas hari libur atau hari Ahad maka pedagang makanan berada di sekitar gua menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau.Bila rasa lelah sudah hilang maka kita dapat melanjutkan perjalanan ke air terjun Slempret yang berjarak kurang lebih 2 km dari gua Rancang.Dengan naik sepeda motor bisa kita tempuh walaupun saat tulisan ini dibuat masih jalan berbatu yang belum nyaman.Sekitar 300 meter dari air terjun Slempret ,sepeda motor bisa kita titipkan kemudian kita melanjutkan dengan jalan kaki melewati pematang persawahan dan semak-semak sebelum kita menuruni jalan bertangga menuju pinggir sungai Oyo untuk melihat air terjun tersebut.

Di sekitar air terjun ada tempat beristirahat sejenak sambil melepas lelah atau menikmati makanan dan minuman yang kita bawa dari rumah.Indahnya kelokan kelokan sungai OYO dan air terjun menghilangkan kepenatan sehari-hari setelah kita bekerja terus menerus.

Setelah puas menikmati air terjun Slempret dan bila perlu kita mengambil gambarnya untuk kenangan kita bisa kembali menuju gua Rancang dengan menaiki jalan setapak yang sudah ada ,setelah sampai atas air terjun ada lokasi yang bisa kita pakai untuk istirahan sambil melihat pemandangan di bawahnya dan kelokan sungai OyO yang berada di bawah kita.

Demikian sekilas tempat  rekreasi yang murah yang berada di Gunungkidul tepatnya di kecamatan Playen , menjadi salah satu alternatif untuk rekreasi bersama keluarga dengan murah tetapi bisa menambah fres pikiran kita.Silahkan menikmatinya.

Hikmah :

Baginda Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam, menyampaikan , “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”

INGIN SUKSES IKUTI PROGRAM INI