Pengajian Keluarga Sakinah Majelis Ta’lim Pondok Pesantren Anshorullah Siyono Logandeng Playen Gunungkidul putaran bulan April dilaksanakan pada hari Ahad 17 April 2011.Bertempat di masjid Al-Kahfi Karangrejek Wonosari.

Acara di mulai dengan pembukaan yang  dipandu oleh bapak Suratman dilanjutkan sambutan tuan rumah bapak Drs Supomo.Kajian disampaikan oleh Ustazd Ahmad Fauzan abu Ibrahim ,yang mengambil tema atau judul Kiat Sukses mendidik Anak dengan merujuk kitab yang di tulis oleh Syeh Zamil Zainu.

Dalam kajiannya berdasarkan kitab tersebut dituntunkan cara mendidik anak agar menjadi generasi yang pemberani beraqlak mulia serta sanggup menolong agama Allah.

Adapun kiat-kiat yang harus dilaksanakan oleh para orang tua antara lain:

1.Kita tanamkan kepada anak-anak kita rasa takut dan berharap hanya kepada Allah SWT bukan kepada makhluk ciptaan Allah yang sangat lemah.

Dengan menanamkan rasa takut hanya kepada Allah SWT maka anak-anak kta Insya Allah tidak akan minder walaupun mungkin mempunyai kekuarangan baik fisik ,ekonomi maupun kekurangan yang lain selama ia mempunyai aqidah yang kuat.Rasa minder yang bisa dikikis akan menyebabkan ia akan menjadi anak yang pemberani selama di jalur yang diridloi Allah SWT.

Begtu juga penanaman hanya berharap kepada Allah SWT maka ia akan menjadi anak yang tidak mudah putus asa bila menghadapi berbagai problem sebab yakin bahwa AllahSWT akan menolongnya memecahkan persoalan atau problem-problem tersebut.

2.selain itu juga kita tegaskan bahwa siksaan Allah sangat keras kepada orang-orang yang bermaksiat kepada-NYA.

3 Penjelasan kepada anak-anak kita tentang siksaan Allah sangat pedih bila kita ingkar dan kufur kepadanya serta balasan surga yang penuh dengan berbagai kenikmatan bila kita taat kepadanya. Insya Allah penanaman ini akan menjadikan anak anak kita untuk tidak berbuat sesuatu yang menyebabkan Allah SWT murka ,sebaliknya dia akan berusaha berbuat kebaikan walaupun kecil sebab akan dibalas oleh AllahSWT dengan balasan Surga .Gambaran Surga yang didalamnya penuh dengan berbagai kenikmatan yang tidak ada bandingannya dibandingkan dengan kenikmatan di dunia ini kita jelaskan kepada anak-anak kita.

Kesalahan saat ini masih banyak yang mendoktrin kepada anak-anaknya tentang harapan atau cita-cita dengan ukuran dunia saja,padahal sebagai orang tua kita harus menambahkan bahwa cita-cita tersebut harus dalam rangka mencari ridlo Allah dan untuk menolong agama-NYA.

4.Kita kembangkan metode cerita kepada anak-anak kita dalam penyampaian pesan-pesan kepada mereka.Cerita sangat disukai oleh anak-anak dan pesan-pesan yang kita sampaikan Insya Allah akan mudah terekam oleh memori otak mereka sehingga metode ini perlu kita kembangkan.

Ceritera tentang sejarah Islam ,tokoh –tokoh yang gagah berani membela agama, cerita tentang surge dan neraka akan membuat mereka tidak merasa jemu mendengarkannya .

Demikian sekilas tentang materi kajian keluarga sakinah Majelis’Ta’lim PP Anshorullah  yang disampaikan oleh Ustazd Ahmad Fauzan Abu Ibrahim semoga menambah wawasan dan pengetahuan dalam rangka mempersiapkan generasi Islam yang sanggup menegakkan agama Allah serta menolong agama-NYA.

Acara ditutup dengando’a kifaratul majelis dan  peserta kembali ke rumah masing-masing.

INGIN SUKSES IKUTI PROGRAM INI