Bagi bapak ibu guru pendidik yang mengajar di sekolah baik sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas apalagi sekolah tersebut sekolah swasta dimana siswa –siswanya secara umum adalah siswa-siswa yang tidak diterima di sekolah negeri perlu lebih bekerja keras mencermati anak didiknya serta meningkatkan kedisiplinan di sekolahnya.

Berita terakhir di awal bulan April 2011 ada penangkapan  10 remaja yang sedang pesta sex dan miras di suatu rumah kosong ,tiga diantaranya merupakan siswi tingkat SMP merupakan peringatan bagi kita yang setiap harinya berkecimpung di sekolah  sebagai pendidik atau guru.

Lingkungan yang kurang mendukung di bidang pendidikan perlu diantisipasi dengan peningkatan kedisiplinan siswa serta operasi-operasi ketertiban siswa.

Operasi kelas perlu digalakkan untuk memantau barang-barang yang dibawa oleh siswa ,bila ternyata membawa barang yang diluar pendukung sarana pendidikan perlu ditelusur dan di antisipasi.

Bagi siswa yang tidak masuk perlu dicermati atau bila perlu ada kunjungan ke rumah ( Home visit ).Tidak sedikit siswa yang pamit ke orang tua akan masuk sekolah ternyata idak sampai ke sekolah .Ada juga surat ijin yang menyatakan bahwa siswa tersebut sakit ternyata alas an tersebut palsu dan setelah dukunjungi siswa berangkat masuk sekolah tetapi tidak sampai di sekolah.

Saat ini dengan adanya sepeda motor maka waktu satu hari siswa tersebut sudah bisa melancong atau dolan kemana saja.

Dengan adanya pemantauan sedini mungkin maka bila ada siswa-siswa yang akan melakukan tindakan indisipliner apalagi sampai melakukan tidakan kriminalitas , miras dan pesta sex dan sebagainya bisa di antisipasi sedini mungkin.

Diperlukan tenaga dan dana yang besar untuk melakukan pemantauan dan kunjungan rumah tersebut ,tetapi bila tidak dan ada sebagaian siswa sekolah kita yang tertangkap penduduk atau polisi karena asusila dan sebagainya maka akan menghancurkan citra sekolah kita .

Semoga bapak ibu guru pendidik diberi kesabaran ,kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi berbagai karakter anak didik serta permasalahan social saat ini yang sangat berat.Amien.

Hikmah:

“Barangsiapa melihat suatu kemungkaran hendalah ia merobah dengan tangannya. Apabila tidak mampu, hendaklah dengan lidahnya (ucapan), dan apabila tidak mampu juga hendaklah dengan hatinya dan itulah keimanan yang paling lemah.” (HR. Muslim)