Pelaksanaan Ujian Nasional tinggal sebentar lagi untuk tingkat SMK tanggal 18,19,20 April 2011.Semua orang mengharapkan peserta UNAS bisa mengerjakan soal-soal UNAS dengan sebaik-baiknya agar nilai bisa memenuhi standar untuk lulus dan prestasi yang maksimal.

Di bawah ini sedikit kiat-kiat agar kita busa mendapatkan ilai yang maksimal.

1.       Persiapkan materi-materi pelajaran UNAS dengan maksimal.

2.       Sehari sebelum pelaksanaan ,pada sore harinya cek peraltan yang diperlukan, alat tulis,pensil 2 B, karet penghapus, ongotan, pulpen  alas L J K bila belum disediakan sekolah.

3.       Bila ke sekolah menggunakan sepeda atau sepeda motor cek kelengkapan administrasi serta fisik sepeda motor, ban ,rem rantai dan sebaginya.

4.       Belajar di malam hari secukupnya usahakan tidak lebih dari jam 21.00 WIB agar kita bisa bangun jam 03.00 WIB untuk sholat Lail dan ,mengulangi pelajaran di pagi harinya.

5.       Bangun jam 03.00 WIB kemudian laksanakan sholat Lail dan setelah sholat Lail ulangi materi pelajaran yang di UNAS kan secara sekilas poin-poinnya, dan bila sudah masuk waktu Subuh laksanakan sholat Subuh lebih baik berjama’ah di masjid atau musholla karena  pahalanya berlipat ganda.

6.       MCK dan mandi pagi agar badan menjadi segar dan setelah sarapan secukupnya berangkat ke sekolah  dan jangan lupa untuk minat do’a restu pada orangtua agar dalam mengerjakan nanti tidak banyak kesulitan.

7.       Berangkat ke sekolah dengan hati-hati ,bila memakai sepeda motor untuk menghindari kemacetan dan keruwetan di jalan usahakan berangkat lebih pagi atau lebih awal dari biasanya.

8.       Bila sudah sampai di sekolah usahakan langsung melaksanakan sholat Dhuha minimal dua roka’at syukur bisa lebih.Setelah sholat Dhuha berdo’a seperlunya dan bila masih ada waktu persiapkan materi secara singkat.

9.       Sesudah masuk ,jangan lupa menyalamai bapak ibu pengawas sambil minta do’a restunya agar bisa mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya.

10.   Setelah berdo’a  dengarkan instruksi bapak ibu pengawas dengan sebaik-baiknya agar apa-apa yang disampaikan kita bisa kita pahami dengan sebaik-baiknya.

11.   Persiapkan alat tulis seperlunya termasuk kartu UNAS agar memudahkan pengawas mengecek nomor kita.

12.   Isilah Lembar Data Kita pada LJK ,nama, nomor , mata pelajaran ,asal sekolah ,dan sebagainya dengan cermat dan teliti.

13.   Kerjakan soal dari  yang termudah terlebih dahulu

14.   Jangan terkecoh tipuan-tipuan lewat SMS yang menawarkan jawaban dengan imbalan tertentu sebab hanya oknum yang mencari keuntungan pribadi,yakinlah pada kemampuan diri sendiri dan pertolongan dari Allah SWT.

15.   Bila sudah selesai tetapi waktunya masih ,periksa kembali soal-soal yang ada dan cocokan dengan jawabannya  agar kita yakin akan kebenaran jawaban dan menghitamkannnya pada LJK.

16.   Berdo’alah kepada Allah bila waktu sudah  habis agar apa yang kita kerjakan diberi pertolongan oleh Allah SWT.

17.   Keluar dari ruangan dengan tenang dan tertib dan bila memungkinkan salamilah bapak ibu guru pengawas yang telah membantu kita mengawasi jalannjya Ujian Nasional.

Demikian sekilas persiapan dan kiat kiat mengerjakan soal Ujian nasional semoga Allah SWT selalu member kemudahan dan kekuatan kepada kita peserta UNAS tahun 2011.

Hikmah:

“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari).