Gb. Halaman Masjid Sebagai sarana bermain

Pengembangan sistem pendidikan di negara kita tercinta saat ini sungguh luar biasa mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) ,Sekolah Alam  sertai saat ini ada sistim pendidikan yang dinamakan HOMESCHOOLING yang berbasis pendidikan keluarga di rumah.

Terobosan dan inovasi baru bagi kita yang menjadi Muslim yang saat ini belum tergarap adalah pendidikan di Masjid.Dengan jumlah masjid yang sangat banyak ,bahkan hampir di setiap pedukuhan ada masjid ,maka fungsi masjid untuk penunjang pendidikan perlu kita tingkatkan.

Selama ini fungsi masjid sebagian besar masih sebatas untuk sholat jama’ah maupun pengajian dan Baca Tulis Al-Qur’an.Pendidikan formal yang lain masih dipercayakan pada lembaga-lembaga formal seperti sekolah misalnya.Padahal dengan adanya Home Schooling menjadi inspirasi bagi kita yang muslim untuk meberdayakan masjid sebagai pusat pendidikan.

Jumlah masjid yang sangat banyak,fasilitas ruangan dan halaman yang belum termaksimalkan menjadi terobosan baru agar Sekolah Masjid atau Mosque Schooling  menjadi salah satu setrategi pendidikan untuk anak-anak kita.

Selain itu Masjid yang merupakan ” RUMAH ALLAH” tersebut bisa menjadikan anak-anak kita terbiasa dengan masjid bahkan hatinya menyatu dengan masjid bila kesehariannya berada di lingkungan masjid.

Sebagian masjid sudah dilengkapi fasilitas belajar mengajar walaupun sebatas untuk baca tulis Al-Qur’an tetapi bila dimaksimalkan maka bisa dikembangakan untuk menunjang penlajaran yang lain seperti pelajaran-pelajaran yang saat ini dikembangkan di sekolah formal.

Sumber Daya Manusia bisa mengambil tenaga -tenaga pengajar yang ada di lingkungannya atau pelajar-pelajar yang sudah mampu mengajarkan kepada anak-anak usia Sekolah Dasar umpamanya.

Orangtuapun akan terkurangi beban ekonominya karena jaraknya yang dekat dengan rumah maka uang jajan maupun transportasi bisa dikurangi.

Semoga ada yang mencoba berinovasi pengembangan pendidikan dengan MOSQUE SCHOOLING untuk menyiapkan generasi harapan bangsa dan negara serta agama yang sanggup mengemban amanah suatu saat nanti.

ikmah :

“Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do’a (saat bersujud)” (HR. Muslim)