Gb. Jalan-jalan ke alam bebas

Televisi yang saat ini sudah merupakan barang yang dianggap perlu untuk setiap keluarga ,salah satu fungsinya untuk sarana hiburan dan mencari informasi yang murah.Anak-anak kita pun banyak yang menjadikan televisi sebagai sarana mengisi kegiatan sehari-hari.

Efek posistifnya kita tidak perlu terlalu mengawasi mereka mengisi kegiatan sehari hari di luar sekolah,tetapi efek negative ternyata juga tidak kalah besarnya.

Tayangan kekerasan dan pornografi kadang-kadang ditampilkan juga dalam tayangan televise tersebut.

Ada beberapa cara agar anak-anak kita tidak kecanduan melihat acara televisi:

1.Buat jadwal jam melihat televise sedini mungkin sehingga kita bisa memantau acara-acara yang mereka lihat.

2.Buat kegiatan –kegiatan tambahan yang mereka sukai seperti menggambar,bermain dan lain sebagainya.Sediakan kertas gambar , kertas bekas pun bisa untuk menuangkan ide-idenya ke dalam kertas gambar dan tidak lupa peralatan lainnya seperti pensil spedol dan sebagainya.

3.Untuk waktu-waktu tertentu ajak mereka jalan-jalan ke alam bebas ,bermain di alam bebas, dan sebagainya.Dengan demikian maka perhatian dan alam pikiran mereka akan tertuju pada alam bebas dan lingkungannya.

4. Sewaktu ada kesempatan ajak anak-anak kita menuangkan pengalaman di alam bebas tersebut kedalam tulisan ,sehingga konsentrasi mereka akan mengingat pada kejadian yang di alami sewaktu kita ajak jalan-jalan.

Demikian sedikit tips untuk mengurangi kecanduan anak-anak kita dari efek negative acara-acara Televisi.Semoga ada manfaatnya.

Hikmah:

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)

INGIN SUKSES IKUTI PROGRAM INI

Dapatkan Dolar Disini