Tanaman Terong dan buah terong

Terong yang banyak ditanam oleh petani sayur di Gunungkidul baik penanaman untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual ternyata banyak sekali manfaatnya.Tanaman terong yang bisa tumbuh di segala cuaca dan tanah yang kurang suburpun banyak dikembangkan oleh para petani kita.Ada banyak macam jenis terong baik terong untuk lalaban ,maupun terong untuk sayuran .

Harga terong sayur di Gunungkidul yang sangat murah ,bila pas panen harganya bisa hanya Rp.1000 perkg ,tetapi karena bibit, penanaman dan perawatannya yang mudah maka menanam terong ini menjadi alternatif para petani untuk menanamnya.

Walaupun harga terong sayur tersebut sangat murah tetapi manfaat terong tersebut bagi kesehatan kita sangat besar.Dimasak menjadi sayur terong dengan lombok ijo dan santan ditambah daun so atau mlinjo yang masih muda ,terasa sangat lezat.Selain itu di balado dengan sambal dan ikan tongkol menjadi lauk yang sangat nikmat dengan nasi yang masih hangat.

Untuk lalapanpun dengan sambal lombok hijau dan bawang serta garam dengan nasi thiwul menjadi menu yang istimewa untuk makan pagi.

Hikmah :

“Barangsiapa yang meringankan langkahnya menuju Majelis Ilmu, maka
akan diringankan langkahnya oleh Alloh menuju Syurga” (HR. Imam Ahmad)

Dapatkan Dolar Disini