Gb.Daun Kenikir

.

Tanaman kenikir banyak tumbuh di sekitar kita ,karena tanaman tersebut sanga mudah tumbuh dimana saja.Banyak  juga yang memanfaatkan untuk pagar maupun tanaman untuk sayuran.Penanamannyapun sangat mudah,bila tanaman kenikir sudah berbunga maka bunganya akan mengembang kemudian mongering dan secara otomatis akan jatuh di sekitarnya kemudian bila kena air hujan akan tumbuh bibit kenikir yang banyak disekitarnya ( Mrajak :bahasa Jawa).Bila kita ingin mananam tinggal mencabut bibitnya dan menanamnya ditempat yang kita kehendaki.

Pemanfaatan daun kenikir oleh masyarakat kebanyakan saat ini baru dipakai untuk sayuran .Daunnya yang masih muda di masak ( di godhog : bahasa Jawa ) kemudian dipakai untuk jambalan dengan sayur Lombok hijau ,maka rasanya sangat nikmat walaupun agak berbau ( sengir :bahasa Jawa ).Selain itu bisa dibuat untuk campuran pecel dengan sambal kacang , atau untuk gudhangan dicampur parutan kelapa yang sudah di bumbui.Daunnya yang masih muda pun bisa dipakai untuk lalapan dengan sambal tomat goring misalnya.

Selain untuk sayuran ternyata daun kenikir bisa juga dipakai untuk obat ,yang murah tidak harus membeli dan banyak tersedia di sekitar kita. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi,. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan , lemah lambung, memperbaiki peredaran dan sirkulasi serta  mencuci darah, untuk menguatkan tulang karena kandungan kalsium yang tinggi serta ekstrak minyaknya dapat juga sebagai pengusir serangga atau nyamuk.Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsiogenesis atau penyebab kanker.Secara tradisional, penduduk di sana menggunakan tanaman ini untuk memperbaiki sirkulasi darah, pencegah penuaan dini, menurunkan suhu tubuh, , serta menghilangkan bau napas yang kurang sedap.

Dengan melihat banyaknya manfaat yang dapat kita dapatkan maka pembudidayaannyapun perlu kita galakan apalagi harga obat kimia yang semakin mahal dan banyaknya efek samping dari obat kimia tersebut.Bila ada tanah pekarangan yang masih bisa kita Tanami manfaatkan untuk menanam sayuran kenikir tersebut.

Hikmah:

“Bau mulut seorang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari harumnya misik (minyak wangi paling harum di dunia). “(HR. Bukhari)

Dapatkan Dolar Disini