Kegiatan penataran atau workshop dan sejenisnya bila dilaksankan di pagi hari dan juga sore atau malam hari adalah ada atau mungkin banyak peserta yang ngantuk bahkan tertidur.Apa lagi metode yang disampaikan metode ceramah sehingga aktifitas peserta sebatas mendengarkan saja maka kemungkinan besar pesera ngantuk sangat besar.

Bila pemateri tanggap sehingga metode yang disampaikan diselingi Tanya jawab atau menyuruh peserta untuk melakukan gerakan atau permainan sebentar maka panitia tidak terlalu dibebabi oleh kasus banyaknya pesert yang ngantuk atau tertidur,Tetapi bila pemberi materi kurang tanggap maka kita pihak panitia harus membuat langkah-langkah atau setrategi agar jumlah peserta yang ngantuk atau tertisur bisa dikurangi sehingga target pencapaian materi  sesuai dengan yang diharapkan.

Ada beberapa setrategi yang bisa dilaksanakan panitia agar peserta tidak ngantuk pada saat seasion berlangsung salah satunya adalah menyediakan permen kepada peserta  yang teknisnya bisa dibagikan langsung maupun peserta mengambil sendiri ditempat yang sudah disediakan .Insya Allah dengan permen ini apalagi permen kopi semacam kopiko maka rasa kantuk bagi peserta bisa dikurangi.

Cara yang kedua adalah peserta supaya mengambil air wudlu atau minimal membasuh muka bula ini memungkinkan,Insya Allah dengan membasuh muka apalagi berwudlu maka rasa kantuk bisa dikurangi atau dihilangkan sebentar.

Demikian sekilas salah satgu setrategi yang sederhana agar peserta di suatu kegiatan tidak banyak yang kantuk atau tertidur.Semoga ada manfaatnya.

Hikmah:

“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)

PT Arminareka Perdana