Kenakalan Siswa di sekolah sekolah baik tingkat SLTP maupun SLTA kadang-kadang merupakan tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah yang ada .Banyak setrategi dan usaha yang dilakukan pihak sekolah agar kenakalan siswa bisa dikurangi baik jumlah siswanya maupun jenis kenakalannya.

Bagi sekolah-sekolah Negeri atau sekolah Umum yangtidak berbasis agama dimana pelajaran agamanya hanya 2 jam perminggu sungguh merupakan prosentase yang sangat kurang dibandingkan dengan lingkungan dan kompleknya permasalahan di luar sekolah yang dihadapi siswa.Keluarga yang karena tuntutan kebutuhan menyebabkan perhatian orangtua terhadap putranya agak kurang , anggota masyarakat yang semakin berkurang kepeduliannya terhadap remaja dan anak sekolah yang ada di sekitarnya menyebabkan salah satu factor pemicu banyaknya kenakalan siswa saat ini.

Pengalaman penulis di sekolah swasta yang berbasis agama dengan menambah materi hafalan Al-Quran bisa menambah kesibukan siswa di luar sekolah baik di keluarga maupun di masyarakat dengan kesibukan menghafal Al-Qur’an yang ditugaskan oleh sekolah.Dengan tanbahan kesibukan menghafal tersebut maka waktu luang bagi siswa menjadi berkurang karena harus ada tugas mengerjakan hafalan.

Dengan sedikit pengalaman tersebut Insya allah metode ini bisa dicoba dan dikembangkan oleh sekolah-sekolah umum ,dengan cara memasukkan kurikulum hafalan Al-Qu’an sehingga selain bernilai ibadah di mata Allah SWT juga menambah kesibukan yang posistif di luar jam sekolah bagi siswa yang Insya Allah bisam mengurangi kenakalan siswa-siswanya.

Semoga Allah SWT selalu member kekuatan kepada para pendidik sehingga diberi kesabaran dan ketabahan dalam mempersiapkan putrapitri bangsa penerus generasai yang mampu menolong agama Allah SWT Amien.

Hikmah :

Baginda Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam, menyampaikan , “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”

PT Arminareka Perdana