Gb.Jembatan Layang MBESI Gedangsari

Gb. Padi yang menghijau dilihat dari jalan di atas

Kecamatan Gedangsari yang merupakan salah satu kecamatan pemekaran di Gunungkidul dimana sebagian daerahnya semula berasal dari kecamatan Patuk dan Nglipar saat ini merupakan kecamatan yang belum tergarap potensinya secara maksimal khususnya potensi wisata alam.

Bila kita ingin menuju kecamatan Gedangsari dari arah Yogyakarta maka di km 30 kurang lebih khususnya di Sambi pitu  kita belok ke kiri menuju jalan arah NGlipar kemudian sampai di Kalurahan NGalang belok ke kiri lagi menyusuri jalan sempit yang berkelok-kelok dan di sekitarnya ada sungai yang dalam dan kadang-kadang jurang serta pegunungan.

Di sana sini kadang-kadang sawah membentang dengan tanaman padinya yang menghijau di sela-sela gunung yang menjulang tinggi.Memasuki lokasi kecamatan Gedangsari akan melewati jembatan layang yang mungkin satu-satunya kecamatan di Gunungkidul yang ada jembatan layangnya.Sebelum jembatan layang dibangung lokasi ini merupakan lokasi yang “mengerikan “bagi pengendara yang belum terbiasa karena tajamnya tanjakan dan berkelok sehingga bila kurang ancang-ancang maka sampai dipertengahan tanjakan bisa berhenti karena tidak kuat.Alkhamdulillah saat ini sudah dibuat jembatan layang sehingga selain jalan yang lebih lebar juga tanjakan yang tidak mengerikan lagi.

Setelah melewati jembatan layang MBESI maka kita akan melewati jalan yang berkelok kelok dimana di sisi sebelah kiri merupakan jurang dan pegunungan yang  menjulang tinggi.Sesampai di kota kecamatan yang masuk kelurahan Hargomulyo maka akan kita temui kota kecamatan yang masih sederhana hampir seperti lingkungan kelurahan saja.

Bila kita terus ke utara makaakan kita dapatkan jalan yang menanjak sampai sekitar 2 km kurang lebih tanpa jalan yang datar dan tanpa kelokan sehingga bila kita tidak siap dari bawah bisa berhenti dipertengahan jalan dan ini amat sangat berbahaya.tetapi bila kita sudah sampai di atas masuk desa Watu gajah maka Masya Allah pemandangan di sebelah selatan akan terlihat sangat indah dan luar biasa.Pegunungan yang berderet-deret dengan lekuk-lekik tegalan atau tanaman di bawahnya terlihat sangat indah.

Sampai di atas yang masuk desa Watu Gajah bila kita belok ke kiri maka akan sampai jalan tembus untuk menuju Klaten dengan melewati jalan yang menurun tajam  yang dinamakan CLONGOP.Jalan ini disamping kanan dan kirinya dijumpai jurang yang amat dalam tanpa pepohonan sehingga kadang-kadang sangat “mengerikan” tetapi bagi yang suka tantangan maka menjadi tantangan sendiri untuk menaklukkannya.

Alam yang sangat indah dan menantang yang merupakan modal wisata alam belum banyak tergarap oleh pemerintah maupun swasta ,padahal bila di garap dengan maksimal bisa menjadi lokasi wisata baik untuk OUT Bond maupun permainan-permaianan yang menantang seperti permainan tali,meluncur, ketrol maupun menyeberangi jembatan dengan tali dan sebagainya.

Semoga ada yang bisa mengembangkan potensi kecamatan Gedangsari yang kaya akan karunia Allah berupa pemandangan alamnya yang indah serta pegunungannya yang gagah menjulang.

Hikmah :

96. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

PT Arminareka Perdana