Menjenguk orang sakit slah satu kegiatan social di masyarakat merupakan agenda tidak terencana  yang suatu saat kita laksanakan,di sela-sela kesibukan kita yang semakin padat .Banyak hal yang akan kita rasakan secara rohani bila kita menjenguk saudara kita yang sedang sakit.

Salah satu yang bisa kita rasakan adalah berkumpulnya sanak saudara yang mungkin dalam kondisi normal kita sulit bertemu karena berbagai kesibukan masing-masing.Dengan perantara diantara kita yang sakit maka tanpa diundang saudara,handai tolan atau family secara langsung akan menjenguknya sehingga menjadi pertemuan keluarga atau lingkungan  baik di rumah sakit maupun di rumah yang sedang mendapat ujian sakit.

Hikmah yang lain yang bisa kita rasakan adalah dengan melihat si penderita berbaring di rumah sakit maka  akan menjadi perenungan bagi kita ternyata  kesehatan ternyata sangat bermanfaat sekali dan sangat mahal harganya.Kita bisa bersyukur badan kita diberi kesehatan ole Allah SWT dan tidak perlu berbaring di Rumah Sakit.

Bagi si sakitpun dengan dijenguk oleh keluarga atau tetangga dan kenalan maka dalam dirinya akan merasa diperhatikan sehingga akan merasakan ketenangan batin  yang sedikit banyak membantu proses penyembuhan.

Betapa  Maha Suci dan Maha Bijaksana-NYA Allah SWT menciptakan seseorang sakit ternyata banyak hikmah dan manfaat yang dapat kita petik dari sesuatu yang kadang-kadang kita kurang bersykur kepadanya.

Semoga Allah SWT selalu memberi  kesabaran bagi saudara kita yang sedang mendapat ujian sakit serta  menambah rasa syukur bagi kita yang menjenguknya.Amien.

Hikmah :

“Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do’a (saat bersujud)” (HR. Muslim)

PT Arminareka Perdana