Pengajian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di dusun Gunungdowo Giring Paliyan Gunungkidul

Dalam rangka membantu menghidupkan dakwah Islam di pelosok-pelosok Gunungkidul SMK Muhammadiyah I Playen bekerjasama dengan umat Islam di dusun Gunungdowo Giring Paliyan Gunungkidul mengadakan pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pelaksanaan pengajian bertempat di balai dusun Gunungdowo dan dihadiri oleh masyarakat dari 7 dusun disekitarnya seperti Singkil,Nglaren ,Blimbing,Nangsri dan Bulu dan .Sehabis Sholat Isyak masyarakat Giring bagian selatan berbondong-bondong menuju lokasi pengajian baik dengan berjalan kaki maupun naik mobil open cup .

Pengajian diawali dengan do’a pembuka semoga kita diberikan kemudahan dalam memahami Ayat-Ayat Allah dan mendapatkan manfaat dari pengajian serta dapat di amalkan di masyarakat. Berikutnya sambutan dari ketua panitia beliau Bapak Kasimin yang menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kerjasamanya dengan SMK Muh 1 Playen. Sambutan dari perwakilan SMK Muh 1 Playen oleh beliau bapak Drs. H. Heriyanto. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, memperkenalkan perwakilan dari SMK yang mengikuti pengajian dan permohonan maaf dari SMK Muh 1 Playen baru 3 personil yang bisa ikut dikarenakan di sekolah sedang ada tadzkiroh siswa kelas XII. Selain itu eksistensi SMK Muh 1 Playen sebagai lembaga pendidikan dan dakwah dan juga profil SMK Muh 1 Playen dan Prospek Lulusan disampaikan dalam kegiatan ini.

Pengajian Inti yang di sampaikan oleh beliau Ustazd Sandi Rochman S.Ag seorang da’i muda dan sekaligus Direktur Utama Biro Perjalanan Haji plus dan Umrah “ARMINAREKA PERDANA” perwakilan Gunungkidul.Dalam tusiyahnya ustazd Sandi Rahman menyampaikan bahwa hidup manusia di dunia itu singkat dan lambat atau cepat  mengalami kematian, sehingga masing-masing diri untuk bisa menyiapkan bekal agar setelah tiba ajalnya sudah membawa bekal yang cukup dan bisa melewati Shirot setelah Yaumul Hisab nanti. Selain itu  ustazd Sandi Rahman juga mengajak untuk dapat mengumpulkan pahala sebanyak mungkin.Salah satu contoh dilapangan yang bisa dilaksanakan seperti saat itu adalah ketika ada yang sedang membaca Alqur’an kita diam dan mendengarkan. Beliau juga menyampaikan tentang pahala orang yang membaca Alqur’an dalam keadaan sudah berwudhu, tidak berwudhu ataupun mendengarkan saja.

Hubungannya dengan Maulid Nabi Muhammad SAW beliau menyampaiakn  tentang karakter Nabi Muhammad SAW yaitu tegas terhadap orang kafir dan  menyayangi sesama muslim, ruku’ sujud mencari karunia Allah dan benar-benar memperhatikan generasinya.

Pengajian ini diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Ustazd sandi Rahman Sag dan diikuti oleh seluruh jama’ah yang ada.

Demikian sekilas kegiatan pengajian SMK Muhammadiyah I Playen yang bekerjasama dengan jama’ah umat islam di dusun Gunungdowo, Giring Paliyan Gunungkidul.Semoga menjadi bagian dakwah untuk menolong agama Allah sehingga Islam menjadi rahmatan lil ‘alamin Amien.

PT Arminareka Perdana