Bedah Buku dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah  di Masjid Al-Ikhlas Wonosari

Dalam rangka menanamkan budaya menulis baik tulisan populer maupun ilmiah ,pada hari Kamis 3 Februari 2011 dilaksanakan bedah buku dan pelatihan penulisan karya Ilmiah dengan mengundang penulis terkenal bapak Suyadi M.Pd.I.

Di hadiri guru-guru pembina karya ilmiah dan siswa-siswa perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Gunungkidul acara yang cukup menrik ini dimulai sekitar jam 09.00 WIB.

Perlu diketahui bahwa pembicara saat ini beliau bapak Suyadi MPd I merupakan penulis terkenal dimana dalam kurun waktu 2 tahun berhasil menulis 30 buku yang diterbitkan penerbit-penerbit terkenal dan hampir semuanya menjadi buku yang best seller.

Dalam pemamaparannya beliau menyampaikan beberapa setrategi agar kita bisa dengan mudah menyelesaikan karya ilmiah.

Salah satu setrategi menjadi penulis yang baik adalah kita juga harus menjadi pembaca yang baik pula,dimana bila kita menjadi pembaca maka kita akan melihat dulu gambar dari yang akan kita baca ,kemudian bila tertarik akan melihat isinya serta mencoba membaca bagian yang kita sukai.Sampai disini bila bacaan tersebut menarik maka kita akan menambah lagi untuk membacanya dan mungkin akan menghabiskan seluruh isi bacaan tersebut.

Selain itu beliau juga menyampaikan setrategi dan rahasia bagi penulis pemula agar bisa meneraima royalti sebelum buku pertamanya diterbitkan.Salah satu langkah-langkah yang bisa kita tempuh dengan cara membuat proposal buku kurang lebih tiga halaman kemudian kirimkan ke beberapa penerbit .Pengiriman ke beberapa penerbit dengan tujuan agar minimal ada satu atau lebih penerbit yang menerima proposal kita.

Bila sudah ada penerbit yang menerima proposal kita maka kita bisa bernegoisasi kemudian dilanjutkan penandatanganan  (MOU ).

Rahasia agar naskah kita dicari-cari oleh penerbit pun disampaikan oleh beliau,dimana beliau menyampaikan langkahnya agar setiap ide kita dituangkan ke dalam proposal buku ,kemudian proposal tersebut dikirimkan ke banyak penerbit agar ide-ide kita menjadi bahan pertimbangan bagi penerbit penerbit untuk menerbitkan buku kita nantinya.Dan jangan lupa juga menjalin kerjasama dan komunikasi dengan penerbit-penerbit buku yang ada terutama penerbit-penerbit yang sudah menerbitkan buku kita.

Cara membangkitkan ide-ide yang beriliant pun disampaikan oleh beliau dengan beberapa langkah. Langkah yang pertama perkaya pustaka pribadi kita dengan buku-buku yang setandart baik kualitas maupun penerbitnya.Kemudian update wawasan kita dengan membaca judul-judul buku terbaru serta Cas pikiran kita dengan selalu banyak membaca berbagai ilmu pengetahuan.Dan tidak kalah pentingnya adalah dengan sering bertemu dan berdiskusi dengan penulis-penulis buku yang sudah berpengalaman dan sudah terkenal, baik personal maupun sewaktu acara jumpa penulis dan sebagainya.

Teknik penulisanpun disampaikan  oleh bapak Suyadi MpdI agar tulisan-tulisan kita lebih menggigit dan menarik bagi pembaca antara lain dengan setrategi memvisualisasikan dan menajamkan kata-kata dan kalimat yang kita pakai sehingga lebih bisa menunjukkan maksud dan arah tulisan yang kita buat.

Demikian sekilas acara bedah buku dan pelatihan penulisan karya ilmiah semoga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas penulis-penulis muda yang berbakat sehingga bisa mengangkat derajat bangsa dan umat untuk keselamatan dunia dan akherat.