Gb. Tanman Kayu Putih dan Padi di Nangsri Giring Paliyan Gununkidul

Tanaman campursari antara pohon kayu putih dengan padi bisa dilihat di bekas telaga Nangsri Giring Paliyan sekitar 14 km dari arah Wonosari ke selatan.Lokasi bekas telaga yang telah kering airnya itu ditanami padi dan kayu putih dan saat penulis lihat ,padi yang siap panen tersebut terlihat berbuah dengan baik selain batangnya yang sehat dan terlihat rapi.

Lokasi bekas telaga yang kemudian dipetak-petak menjadi puluhan petak tersebut terlihat sangat rapi dan indah selain hamparan padi yang siap panen juga pohon kayu putih yang terlihat subur.

Keadaan ini mungkin bisa dikembangkan di lokasi-lokasi yang lain di Gunungkidul atau tanah yang menyerupai Gunungkidul sehingga selain tanaman padi yang bisa dipanen setiap 3 bulan juga daun kayu putih yang bisa diolah menjadi minyak kayu putih .

Di lokasi tanaman tersebut juga bisa dipakai untuk rekreasi melepas penat dan lelah setelah bekerja.Semoga bisa dipakai menjadi alternatip  tanaman Campur sari teknik baru : Kayu PUtih dengan padi.

Hikmah :

“Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do’a (saat bersujud)” (HR. Muslim)