Gb.Salah satu bengkel mobil milik pak Supomo Playen Gunungkidul

Bengkel Body Mobil Prospek Yang Cerah Di Gunungkidul Lapangan kerja yang mungkin belum banyak di lirik oleh para lulusan SMK khususnya jurusan mesin adalah bengkel body mobil.Jumlah mobil yang semakin banyak,dan suatu saat membutuhkan ganti body maupun perbaikan body karena rusak ,menabrak dan sebagainya tentu membutuhkan bengkel yang memadai. Pengalaman penulis membimbing siswa-siswa yang praktek Industri di lingkungan Gunungkidul dan sekitarnya khususnya di bengkel-bengkel las dan body hamper setiap mengunjungi siswa bengkel tersebut penuh dengan mobil yang minta untuk diperbaiki ,satu bengkel kecil saja ada antrian mobil 6,7 bahkan ada yang sampai halamannya penuh dengan mobil. Bengkelpun tidak harus di pinggir jalan raya atau besar ,ada beberapa bengkel yang masuk lewat gang dan hanya cukup untuk lewat mobil satu jalur dengan jalan yang becek pula ternyata antrian mobil untuk diperbaiki mobilnya sangat banyak.Contohnya bengkel mobil Trio Bagong di Logandeng,bengkel bodi yang dikelola pak Supomo di Playen dan lainsebagainya adalah bengkel-bengkel yang tidak di pinggir jalan raya,tetapi bengkeli yang masuk gang-gang sempit.

Peralatan bengkel yang dibutuhkannyapun tidak peralatan yang mahal,tetapi peralatan-peralatan yang harganya cukup terjangkau seperti las asitilin, las listrik, meja kerja , peralatan mengecat ,kompresor ,tanggem dan alat –alat pendukung lainnya.

Bila sudah berkembang biasanya pemasarannya tidak usah lewat iklan tetapi cukup lewat personal yaitu orang-orang yang sudah membengkelkan mobilnya di situ,sudah cukup menjadi tenaga pemasaran secara tidak langsung.

Dengan melihat prospek tersebut maka para siswa lulusan SMK khusunya di Gunungkidul sebaiknya mulai melirik perintisan bengkel body dan las sehingga selain tidak ada ketergantungan pada industry besar ,maupun pemerintah juga bisa membantu menyerap tenaga kerja yang ada di sekitarnya. Semoga para lulusan SMK bisa mencoba merintis bengkel body dan las di Gunungkidul.

Hikmah:

“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)