Menunda-nunda pernikahan dengan alas an belum siap nikah baik karena alasan ekonomi maupun belum penya pekerjaan saat ini banyak menggejala di generasi muda kita.Pada hal dari segi usia sudah cukup untuk menikah katakanlah sudah berusia 20 tahun,serta calon pasangan yang sudah di depan mata  teta[pi dengan berbagai alasan belum juga menikah.

Pacaran yang berkepanjangan akan mendekatkan diri ke perzinaan baik zina hati,zina mata, zina tangan maupun hubungan layaknya suami istri.Perzinaan apapun bentuknya tetap berdosa di mata Allah SWT walaupun itu dilakukan dengan pacarnya, dan bahkan merupakan salah satu dosa besar disntara dosa-dosa lainnya. Dosa-dosa besar yang dilakukan banyak orang maka berefek akan mendatangkan bencana dari Aloh SWT seperti yang termuat dalam salah satu hadits:

Hikmah :
Apabila perzinaan dan riba telah melanda suatu negeri maka mereka (penghuninya) sudah menghalalkan atas mereka sendiri siksaan Allah. (HR. Ath-Thabrani dan Al Hakim
)

Dari pengamatan penulis banyak kejadian pasangan yang mau menikah sudah dalam kondisi hamil untuk pengantin wanitanya,bahkan ada istilah nikah karena kecelakaan.

Salah satu solusi adanya perzinaan yang meraja lela adalah menganjurkan kepada calon pasangan yang sudah siap menikah untuk menikah secepatnya,hal ini bisa menghindari tindakan-tindakan yang mengarah pada perzinaan.Insya Alloh ketakutan tiadanya rezeki karena menikah ,bila kita tawakal dan selalu berikhtiar untuk mencari rezeki maka Alloh akan mendatangkan rezeki kepada kita.