Gb.Rangka Dari Kayu Yang sudah dipasangi roda perontok

 

Gb. Pemasangan As Roda perontok dengan pully pada rangka kayu

Gb.Posisi roda pully disamping roda perontok

Perontok Padi yang banyak dikembangkan oleh masyarakat kebanyakan dengan menggunakan tenaga manusia dengan cara di genjot pakai kaki .Tetapi dengan teknologi tepat guna perontok tersebut bisa dikembangkan dengan menggunakan motor listrik 1 pashe dengan daya 450 watt bertenaga ¼ PK.

Rangka bisa menggunakan besi atau yang praktis bisa didapatkan di desa-desa dengan rangka kayu yang ada.Perontok padinya dengan kayu dan diberi jeruji dari paku yang agak besar.Penggerak menggunakan motor listrik bertenaga ¼ PK dengan daya 450 Watt sehingga bagu pengguna yang daya listriknya 450 Watt perontok ini bisa digunakan.

Gb. Motor Listrik 1/4 PK 450 Watt

Pembuatannya :setelah rangka seperti dalam gambar terpasang bisa di pasangkan pully disamping roda perontok yang nanti dihubungkan dengan motor penggerak menggunakan sabuk atau streng.

Yang perlu diperhatikan adalah pemasangan pully dengan motor listrik harus diperhitungkan jarak nya agar setreng penggeraknya nanti tidak terlalu kendor atau terlalu kencang.

Dengan modifikasi seperti ini maka tenaga untuk merontok padi atau gabah akan lebih ringan dan suara yang ditimbulkan juga tidak berisik.

Hikmah :

Baginda Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam, menyampaikan , “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”

About these ads