Gb. Siswa Yang tidak lengkap di suruh ke luar dan melengkapi peralatan ujian

Ujian Nasioanal  tahun 2011 yang tinggal sebentar lagi menjadi perhatian bagi sekolah dan orangtua wali murid yang mempunyai putra di bangku SLTP maupun SLTA.Persiapan-persiapan dilaksanakan  oleh sekolah dengan berbagai bentuk dan setrategi.

Gebrakan-gebrakan yang bisa mendorong agar siswa memaksimalkan potensinya bisa ditempuh dengan berbagai setrategi antara lain:

1.       Penekanan dan peningkatan kedisiplinan siswa

Dengan penekanan dan peningkatan kedisiplinan siswa maka siswa akan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan sekolah.Ketidakmasukan dan keterlambatan ditekan seminimal mungkin ,bila siswa tidak masuk tanpa alasan yang jelas  maka sekolah akan langsung melakukan kunjungan rumah ( home visit ).Surat ijin yang masuk ke sekolah harus diantarkan langsung oleh orangtua atau wali murid ,hal ini untuk menanggulangi surat ijin palsu.

2.       Penggunaan sarana komunikasi ( hand phone ) sewaktu belajar mengajar di awasi dengan ketat.Atau bila kondisi sudah memungkinkan maka dibuat peraturan dimana siswa tidak diperbolehkan membawa HP ke sekolah.Tetapi bila sikonnya belum memungkinkan operasi HP siswa serta penyitaan bagi siswa yang tetap melanggarnya untuk lebih ditingkatkan.

3.       Pada latihan-latihan UNAS atau Try Out agar situasi dan kondisi di miripkan seperti UNAS baik jumlah siswa per ruang, pengawas ,peralatan yang wajib dibawa oleh siswa dan sebagainya.

Pada pelaksanaan UNAS peralatan yang wajib dibawa oleh siswa seperti pensil 2 B, karet penghapus, pisau penajam ( ongotan ), pulpen, alas L J K , kartu peserta daln sebagainya agar dicek satu persatu oleh pengawas.

Gb. Siswa yang tidak bisa mandiri diberi sangsi mengerjakan di lapangan upacara

Penekanan terhadap kejujuran sewaktu mengerjakan soal latihan UNAS pun perlu di tekankan dan dilaksanakan.Salah satu setrategi yang sudah penulis lakukkan adalah dengan member sangsi bagi yang melanggar  tata tertib sewaktu mengerjakan soal seperti mencontek,bekerjasama dengan peserta lain dengan cara disusruh mengerjakan di lapangan upacara.Dan ini ternyata menimbulkan efek jera bagi peserta latihan UNAS terbukti pada hari berikutnya peserta UNAS sudah bisa bekerja sendiri  dan tidak membuat gaduh di ruang ujian.

4.       Kegiatan Malam Bina Iman Taqwa

Kegiatan Malam Bina Iman Taqwa selain membiasakan kedisiplinan dalam menjalankan ibadah sholat wajib juga penambahan materi pelajaran UNAS dengan latihan soal-soal UNAS ,pelaksanaan sholat LAIL dan sebagainya . Insya Alloh dengan MABIT ini akan tumbuh dan meningkatkan mental spiritual sehingga mental siswa pun akan meningkat dalam menghadapi UNAS yang akan dating.

Demikian sekilas urun rembug dalam rangka menghantarkan anak didik agar dalam menghadapi UNAS yang akan dating tidak banyak hambatan sehingga cita-cita siswa ,orang tua dan sekolah dapat terwujut. Semoga Alloh SWT selalu member kekuatan kepada kita Amien.