Masjid-masjid yang ada di Gunungkidul saat tulisan ini dibuat masih banyak yang sepi dari kegiatan peribadahan baik kajian agama atau sholat jama’ah.Bila dihitung secara statistic jumlah atau kuantitas umat Islam disekitarnya sebagian besar adalah umat islam sebab kebanyakan masjid yang ada di Gunungkidul karena didirikan oleh masyarakat sekitar yang mayoritas umat Islam.Dengan sekuat tenaga dan daya masyarakat beramai-ramai membangun masjid.

Tetapi setelah masjid tersebut sudah siap untuk dipergunakan maka kebanyakan yang terjadi adalah masjid sepi dari kegiatan ibadah rutin harian atau sholat wajib.Bahkan ada masjid yang adzan sehari semalam saja tidak penuh lima kali,atau bila ada yang adzan ,muadziun tersebut sekaligus menjadi Imam sekaligus makmum dan juga perawat kebersihan masjid dan kerapihan masjid, alias Iamam tanpa makmum.Padahal dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ( surat ke 9 ) ayat 18 Allah berfirman:

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Bahkan penulis pernah menjumpai satu masji sewaktu survey ke bebrapa masjid untuk bakti social ada masjid yang disekitarnya ditumbuhi rumput dan ilalang yang sangat lebat sepertinya masjit tersebut sangat jarang untuk dijamah.Dan yang lebih menyedihkan lagi di serambi masjid banyak ditemui kotoran ayam yang berceceran.

Melihat kondisi seperti ini mari umat Islam yang ada di Gunungkidul untuk memanfaatkan masjid sebagi pusat kegiatan dakwah serta mencari pertolongan Allah dengan sholat berjama’ah dan lain sebagainya.

Semoga ada sebagian umat Islam di Gunungkidul khususnya dan dimana saja pada umumnya  yang tergerak hatinya untuk mengumpulkan kekuatan dan tenaga dalam menolong agama Allah dengan cara memakmurkan masjid baik dengan sholat jama’ah maupun kegiatan lainnya dan yang tidak akalah pentingnya juga adalah merawat kebersihan dan kesucian masjid.

Hikmah :

96. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

 

PT Arminareka Perdana