Gb. Bibit padi yang baru dicabuti dari persemaian

Gb. Semaian bibit padi

Di Bawah ini adalah foto-foto cara menanam padi di daerah persawahan .Sebelum bibit padi ditanam maka terlebih dahulu benih padi ( gabah ) di buat pembenihan dahulu.Setelah umur sekitar sati bulan maka tanaman bibit padi siap untuk di tanam.

Sambil-menunggu  tanaman padi yang di buat bibitnya maka tanah yang akan ditanami dipacul terlebih dahulu dengan dibuat bedengan-bedengan,serta tidak lupa diberi pupuk kandang atau daun-daunan untuk pupuk alami.

Gb Lokasi penanaman dipaculi kembali

Gb. Bibit padi siap tanam

Bila semuanya sudah siap maka tanah yang akan ditanami dialiri dengan air kemudian tanahnya dipaculi kemali agar gembur serta bila ada tanaman penggangggu dicabuti.Bibi t padi dari persemaian dicabuti dan dibersihkan akar-akarnya dari tanah yang menempel kemudian diikat dengan tali.Tali bsa dari tutus bambu  atau daun kelapa.

Bila biit sudah siap dan lahan sudah dialiri dengan air maka bibit padi mulai ditanam di petak-petak sawah secara mudur agar penenm tidak menginjak bibit padi yang sudah ditanam.

Gb. Menanami di bedengan yang sudah ada

Gb. Tanaman padi sesudah sebulan setelah ditanam

Selesai penanaman maka kotak-kotak tanah yang sudah ditanami diberi air sampai penuh agar tanah tidak kering.Jarak skitar satu minggu diberi pupuk buatan Urea untuk merangsang pertumbuhan padi tersebut.

Setelah sebulan bibit padi yang sudah ditanami akan terlihat hijau dan kemudian di bersihkan dari rumput-rumput yang mengganggu,dan kita tinggal menunggu hasil panennya.