Gb.Sungai Oya dilihat dari gardu pandang Mangunan

Tempat wisata alam yang ada di Yogyakarta salah satunya adalah Kebun Buah yang terletak di desa Mangunan kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul .

Lokasi wisata ini bisa kita tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta dengan melewati jalan Imogiri .Sesampai di kota kecamatan Imogiri  kita menuju jalan Imogiri- Dlingo  dengan jarak sekitar 5km.Perjalanan menuju lokasi dari Imogiri harus ekstra hati-hati  karena jalannya yang berkelok-kelok dan terjal.

Bila kita masuk lewat jalur Timur  lewat kecamatan Patuk Gunungkidul ,dari perempatan Patuk mengambil jalan Patuk –Dlingo, kemudian sampai di pertigaan yang ada pohon beringinnya di Muntuk belok ke kanan melewati hutan Pinus .Sesampai di ujung hutan pinus kita belok ke kiri menuju lokasi sekitar 2 km.

Selain itu bisa kita tempuh lewat  kecamatan Dlingo ,dari pasar Dlingo kita belok ke kanan melewati jalan yang menurun dan menanjak yang sangat terjal dan diperlukan kehati-hatian yang ekstra bila melewati jalan ini.

Masuk  lokasi  setiap orang dikenai restribusi sebesar Rp 5.000  .Setelah masuk lokasi sudah tersedia lokasi parkir yang sangat luas dan nyaman dan fasilitas gedung pertemuan, gedung informasi ,musholla dan MCK serta Gazebo.

Fasilitas lainnya adalah kebun buah, area outbound, atraksi flying fox, sepeda air, wisata petik buah, kolam pemancingan Kolam Renang Anak, Kolam Ikan, Repling Area, Area Kapling Buah-buahan, Rest Area, Peternakan Sapi, Kambing, Circle Track, Trail Track.Dan yang paling menarik untuk melihat pemandangan alamnya adalah Gardu Pandang .dari atas Gardu Pandang kita bisa  melihat pemandangan yang sangat indah anatara lain Berkelok-keloknya sungai Oyo dan pegunungan seribu disekitarnya serta perkampungan penduduk  yang terlihat smar-samar di bawahnya..Selain itu ada  rumah kaca yang digunakan untuk pertanian hidroponik.

Di lokasi ini terdapat beberapa jenis tumbuhan buah-buahan dan sayuran seperti tomat, cabai, anggur, semangka, mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, belimbing, dan lain-lain.

Di kebun buah Mangunan  sangat cocok untuk wisata keluarga, pertemuan (meeting), pelatihan, wisata pendidikan lingkungan, outbond, dan lain-lain.

Yang belum pernah ke Kebun Buah Mangunan , mari kita coba ke sana untuk refresing dan sekaligus meramaikan wisata alam di Yogyakarta.

Lihat Foto-Foto Lainnya di :  Sini  dan Sini

Hikmah :

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

About these ads