Gb.Tumpangsari anatar Sengon Laut dan Sayuran Lombok

Gunungkidul bagian selatan yang dipenuhi dengan perbukitan seribu dan berbatuan perlu antisipasi tersendiri agar lahan yang kondisinya bisa dimaksimalkan .Salah satu tanaman yang bisa dikembangkan dan punya prospek cerah adalah tanaman Sengon Laut.

Tanaman Sengon Laut yang saat ini sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan khususnya untuk peti kemas dan sebagainya stok yang ada masih sangat kurang.Untuk itu daerah-daearah yang lahannya masih luas bisa mulai memberdayakan tanaman tersebut.

Salah satu daerah yang sudah mulai memberdayakan tanaman sengon laut di Gunungkidul adalah desa Sumber Wungu Tepus Gunungkidul .Sudah beberapa penduduk yang mulai memberdayakan tanaman tersebut dilahan yang dimilikinya.Bahkan selain tanaman Sengon Laut yang ditanaman diladangnya ,masih bisa dikembangkan pula tanaman lain disela-selan tanaman Sengon Laut. Salah satu tanaman tersebut adalah tanaman sayuran Lombok.

Di bawah tanaman Sengon laut ,lombok ternyata bisa subur dengan baik,dan hasil buahnya bisa dinikmati oleh pemiliknya.Dengan melihat realita tersebut tokoh masyarakat atau pemerintah setempat bisa mensosialisasikan kepada penduduk di daerah-daearah Selatan Gunungkidul agar lahan kosong yang dimilikinya bisa dibudidayakan dengan tanaman Sengon Laut dan disela-selanya ditanami dengan tanaman yang lain .Sala satunya adalah tanaman Lombok.

Semoga menjadi alternatif masyarakat Gunungkidul untuk meningkatkan perkonoiannya dengan Sengon Laut .

Hikmah:

“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari).