Gb.Kerja Bakti di halaman sekolah

Gb. Latihan Bekerja dan

Pendidikan yang ada di sekolah ,selain berada di dalam kelas dengan materi-materi pelajaran sesuai dengan kurikulum dan ringkat sekolah bagi siswa tersebut juga pelu ditambah pendidikan lain yang akan mempengaruhi kepribadian para siswa.

Salah satu yang mungkin bisa mempengaruhi kepribadian para siswa adalah kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah baik ruangan kelas maupun halaman sekolah.Untuk membersihkan ruangan kelas bisa di laksanakan setiap hari dengan pembagian kelompok piket. Kerjabakti membersihkan halaman sekolah dan lingkungannya bisa dilaksanakan secara berkala bisa sebulan sekali maupun melihat situasi dan kondisi selama tidak mengganggu proses belajar mengajar.

Dengan adanya bakti kampus maka anak didik akan tertanaman dalam dirinya untuk mencintai lingkungannya sekaligus mendidik mereka bekerja mandiri. Ada sebagian siswa  yang mungkin karena kebiasaan dirumah serba dilayani baik oleh orang tua maupun pembantu maka dengan kegiatan ini akan” dipaksa” untuk mandiri.

Selain itu bakti kampus akan menghilangkan kejenuhan di dalam kelas , dari pagi sampai siang bahkan sore maka kejenuhan akan dirasakan oleh anak didik kita.Kerja bakti membersihkan halaman sekolah akan menghilangkan kejenuhan tersebut dan bisa dijadikan refresing.Sewaktu kerja bakti bisa kita putarkan musik yang sesuai dengan kondisi dan umur mereka sehingga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Untuk lebih mengakrabkan bapak ibu guru dengan anak didiknya maka sebaiknya bagi para pendidik bisa berbaur dengan mereka sehingga menimbulkan keakraban antara siswa dan guru.

Manfaat lainnya dari bakti kampus membersihkan lingkungan ini adalah lingkungan menjadi bersih  dan lebih terawat dibandingkan dengan tidak ada kerja bakti tersebut.Semoga sekolah-sekolah bisa menerapkan salah sati setrategi pendidikan ini yaitu membiasakan anak-didiknya mencitani sekolah dan lingkungannya dengan mengadakan bakti kampus di sekolahnya.

Hikmah:

“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)

About these ads