Gb. Daun Kering Yang banyak berserakan

 

Sampah dari daun-daun kering banyak bertebaran di sekitar kita baik di kota apalagi di pedesaan.Dikota besar banyak penulis lihat setiap pagi tukang sapu di jalan raya yang banyak pohon perindangnya menyapu jalanan tersbut dan mengumpulkan sampahnya kemudian diangkut oleh mobil pengangkut sampah untuk dibuang di Tempat Pembuangan Sampah.Bahkan tempat pembuangan sampah tersebut bercampur dengan sampah-sampah plastik dan sampah kimia lainnya.

Sampah daun-daun pepohonan saat ini belum banyak dimanfaatkan untuk pupuk tanaman atau menyuburkan tanah,padahal jumlah sampah tersebut sangat banyak.Penggunanaanpun tergantung dari situasi dan kondisi bila pengolahan menjadi pupuk organic tidak sempat  maka bisa dibuat  cara langsung dengan cara ditanam pada tanah yang ada.Dengan penanaman langsung  samaph daun-daunan tersebut Insya Alloh sudah bisa membuat tanah menjadi subur.

Gb. Sampah dedaunan dimasukkan keranjang lalu di masukkan lubang tanah

Gb. Sampah daun-daunan dimasukkan lubang lalu ditimbun dengan tanah

Manfaat lain ketergantungan terhadap pupuk kimia yang kadang-kadang langka serta ada efek samping dimana tanah menjadi kurang subur  juga bisa tertanggulangi.Murah dan tidak tergantung pupuk kimia dari pabrik. Semoga kita semua mau merintis memanfaatkan samaph-samaph daun-dauan kering atau dari daun-daunan untuk menyuburkan tanah  yang ada.

GB. Timbunan tanah diinjak injak agar padat

Hikmah :

96. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)

About these ads