kaligrafi_1fember_karet_1Pemanfatan Limbah Ban Mobil untuk alat Rumah tangga

Jumlah mobil dan sepeda motor setiap hari terus bertambah, hal ini bisa dilihat dengan jumlah kendaraan bermotor dan mobil dijalan raya yang semakin padat.Diler mobil dan sepeda motorpun bermunculan di setiap kecamatan khususnya dealer sepeda motor.

Dari pemakaian kendaraan bermotor tersebut salah satu komponen yang pasti diperlukan adalah ban baik ban mobil maupun ban sepeda motor.Bila kendaraan tersebut dipakai maka dalam jarak kurang lebih 2.500 km harus sudah ganti dengan ban yang baru,kemudian ban bekasnya dibuang.

Ban bekas yang dibuang tersebut karena bahannya terbuat dari karet yang tidak bisa membusuk maka bila tidak dimanfaatkan atau dibakar maka akan menjadi sampah yang menyebabkan polusi dan memerlukan ruang yang luas.Bila ban bekas tersebut dibakar maka akan menimbulkan efek baru yaitu polusi udara dan penambahan panas hasil pembakaran yang sedikit banyak akan mempengaruhi pemanasan global yang semakin meningkat.

gadhag karetPemanfaatan lain yang bisa mengurangi polusi udara dan pemanasan global adalah dengan cara mengubah ban bekas tersebut menjadi alat –alat rumah tangga .Di desa Sodo kecamatan Paliyan kabupaten Gunungkidul terdapat sentra industri pembuatan alat rumah tangga yang terbuat dari ban bekas.

Alat-alat yang dibuat oleh sentra industri disini adalah :

  1. Ember besar
  2. Ember kecil
  3. Sandal
  4. Gadhak ( tali untuk mengambil air dari dalam sumur dengan menggunakan kerekan)
  5. Pot bunga
  6. Anyaman ban untuk bagian dalam kursi tamu

Dengan peralatan yang sangat sederhana, pisau pemotong ,landasan dan peralatan pembantu lainya maka ban bekas tersebut diubah menjadi alat-alat rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Ban-ban bekas tersebut diambil dari bengkel-bengkel mobil yang menyediakan jasa ganti ban di daerah Wonosari, Bantul, Sleman dan Yogyakarta.

Keuntungan lain dari alat alat rumah tangga yang terbuat dari ban bekas tersebut adalah alat tersebut tidak berkarat sehingga aman dipakai untuk tampungan air minum.

Sentra industri ini perlu disuport oleh semua pihak terutama pemerintah karena banyak keuntungan yang didapatkan dari usaha ini ,keuntungannya antara lain :

  1. Mengurangi polusi akibat pembakaran ban bekas
  2. Menambah lapangan kerja ( pengumpul ban,pembuat alat rumah tangga , penjual alat rumah tangga dari ban bekas)
  3. Membantu menggerakkan ekonomi masyarakat terutama pada sentra industri alat rumah tangga dari ban.

Demikian sekilas industri alat rumah tangga yang menggunakan ban bekas sebagai bahan dasarnya semoga bermanfaat bagi semua pihak sehingga bisa menambah dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Selamat berjuang bapak-bapak yang menekuni limbah ban bekas menjadi alat rumah tangga ,jasamu akan banyak dirasakan oleh sebagiam besar masyarakat,Semoga Alloh SWT selalu membimbing dan memberi kekuatan kepada para pengelola sentra industi

Bekas sehingga menjadi pengusaha yang selalu bisa mengembangkan usahanya dengan maksimal.Amien.

Mutiara Hikmah

” siapa yg memakmurkan lahiriyahnya dgn sunnah, memakmurkan batinnya dgn penjagaan kpd Allah, menahan nafsu dr syahwat & menahan pandangannya dr yg diharamkan serta makan yang halal, niscaya firasatnya tidak akan salah. “

Nasehat Ibnu Syuja Al-Kirmani

About these ads